Resep masakan Indonesia Soto Ayam Enteng ala Cak Yud

Resep masakan Indonesia Soto Ayam Enteng ala Cak Yud


Resep ayam enteng ala cak yud kedengaran asing kali ya, he…he….Siapa cak Yud berani beraninya pasang nama di dalam resep masakan….Tapi jangan salah walau bukan artis atau chef terkenal tapi dia jago masak lho. Disini cak yud akan membagikan bagaimana cara memasak soto ayam yang rasanya enak dan tidak terkesan berat karena kaldu yang terlalu kental dan terdengar kurang menarik.
Soto ayam enteng enak dinikmati dengan menggunakan nasi  maupun tanpa nasi, dijamin semua akan suka. Berikut  ini akan Cak Yud bagi resepnya. Baca juga resep memasak Galantin Khas solo

resep masakan sederhana


Bahan –bahan Soto Ayam Enteng:
½ kg daging ayam, bisa paha ataupun dada sesuai selera
¼ kg Sayap ayam atau bisa juga Ceker Kubis secukupnya
Kecambah kacang hijau secukupnya (sesuai selera )
Daun seledri

Bumbu-bumbu yang diperlukan:
Kunyit ½ cm
Bawang merah 7 siung /buah
Bawang putih 6 siung /buah
1 batang serai
3 lembar daun jeruk purut
1/2 sendok teh garam (sesuai selera)
2 sendok teh gula pasir (sesuai selera)
Bawang goreng

Nah sekarang bagaimana cara memasaknya? Jangan khawatir berikut ini cara memasak Soto Ayam Enteng biar rasanya Mak Nyuss…

Pertama
      Haluskan / uleg bumbu-bumbu:  kunyit, bawang merah, bawang putih, bawang merah, garam.
Geprak atau pukul-pukul Serai hingga memar.

Kedua
     Bersihkan daging ayam dan Ceker / Sayap hingga bersih kemudian masak ayam dan ceker/sayap dengan 1 liter air  dalam panci hingga mendidih  sebentar  (sekitar 10 menit) kemudian buang airnya.

Ketiga
     Selanjutnya rebus lagi ayam dan ceker/sayap dan masukkan bumbu yang telah di haluskan, serai dan  daun jeruk hingga mendidih (sekitar 10 menit) untuk di ambil kaldunya dan matikan kompor.

Keempat
     Angkat daging ayam dari rebusan dan biarkan ceker/sayap tetap dalam panci. Kemudian masak lagi hingga sayap / ceker sampai benar-benar lunak , bila kuah menjadi berkurang bisa di tambah air sesuai selera.


Kelima
     Goreng Daging ayam hingga matang dan suwir daging ayam menjadi kecil-kecil.

Cara penyajian Soto Ayam Enteng
      Ini adalah bagian yang sangat penting dalam membuat soto ayam enteng biar tampak menarik dan rasanya enakkk… Caranya untuk menyiapkan dalam satu porsi soto ayam yaitu siapkan 1 buah mangkuk, masukkan 1 buah sayap ayam dan kuah secukupnya ke dalam mangkuk, taburi  dengan ayam goreng suwir, taburi dengan kecambah, daun seledri dan bawang goreng. Hmmmm….. soto siap di nikmati hangat-hangat dengan kerupuk lebih nikmat.
Selamat memasak dan tunggu resep mudah menarik lainnya.

sumber

0 Response to "Resep masakan Indonesia Soto Ayam Enteng ala Cak Yud"

Posting Komentar